Read more: Cara Membuat Tulisan Judul Blog Berjalan | HTC Community http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-tulisan-judul-blog.html#ixzz1kwQ2NxRo Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Monday, January 30, 2012

Strategi Peranan Harga


Peranan harga sering kali diabaikan oleh beberapa pelaku usaha terutama yang memandang peranan harga yang pasif.Pelaku usaha kebanyakan berpikir bahwa hal yang terpenting ialah bentuk produk, perencanaan komunikasi dan metode pendistribusian. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena peranan harga akan mencerminkan kualitas, layanan, tipe pendistribusian serta konsumen yang dituju. Pentingnya peranan harga dinyatakan oleh David W Cravens (2009:349) dengan menjelaskan beberapa peranan harga dalam suatu perusahaan atau industri.
1.    Harga dalam strategi posisi (Price In The Positioning Strategy)
Harga ialah satu bagian penting dari strategi posisi. Kemudian keputusan penetapan harga membutuhkan koordinasi dengan keputusan-keputusan untuk seluruh komponen posisi. Berikut komponen-komponen yang dikenal dalam strategi posisi harga.
a      Strategi Produk
Keputusan penetapan harga membutuhkan analisis dari bauran produk, startegi merek, kualitas produk dan kegunaan produk untuk menentukan bahwa faktor-faktor tersebut sangat berpengaruh dalam penetapan harga.
b      Strategi Pendistribusian
Strategi ini menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penetapan harga, yaitu jenis saluran, kehebatan penyaluran, susunan penyaluran.
c      Tanggung jawab atas keputusan penetapan harga
Pendekatan ini menyatakan bahwa partisipasi antar fungsi sangatlah penting dalam penetapan harga. Hal itu disebabkan penetapan harga akan memiliki dampak bagi seluruh fungsi bisnis,yaitu fungsi operasi, teknisi mesin, keuangan dan pemasaran.
2.    Situasi penetapan Harga (Pricing Situations)
Strategi penetapan harga memerlukan pemantauan yang terus-menerus dikarenakan perubahan kondisi eksternal, aksi persaingan dan kesempatan untuk melewati persaingan dengan aksi penetapan harga. Beberapa jenis situasi membutuhkan aksi penetapan harga, yaitu.
a.    Memutuskan bagaimana harga atas produk baru atau produk sejenis
b.    Mengevaluasi kebutuhan atas aturan harga pada produk yang ditinggalkan lalu menjadi daur hidup produk.
c.    Merubah strategi posisi untuk memodifikasi strategi penetapan harga yang berlaku.
d.    Memutuskan bagaimana respon atas tekanan dari ancaman persaingan.
3.    Peranan dalam penetapan harga (Roles of Pricing)
Harga menunjukan berbagai peranannya dalam program pemasaran sebagai sebuah pertanda untuk pembeli, sebuah alat daam persaingan, mengembangkan tampilan keungan, dan pengganti untuk fungsi program pemasaran lainnya.
a. Pertanda bagi pembeli (Signal to the buyer)
Harga menawarkan sebuah cara yang cepat dan langsung dalam berkomunikasi dengan pembeli. Harga yang tampak untuk pembeli dan menyediakan dasar perbandingan diantara berbagai merek. Harga mungkin digunakan untuk memosisikan merek sebagai produk yang berkualitas tinggi atau sebagai pengganti untuk melanjutkan persaingan dengan merek-merek yang lain.
b. Alat dalam persaingan (Instrument Of Competition)
Harga menawarkan satu cara untuk menyingkirkan para pesaingnnya dengan cepat, atau kemungkinan lain diamana perusahaan meninggalkan persaingan secara langsung. Strategi harga selalu dihubungkan pada persaingan apakah perusahaan menggunakan harga rendah, tinggi atau harga pada umumnya.
c. Mengembangkan tampilan keungan (Improving Financial Performance)
Sejak Harga dan biaya menentukan tampilan keuangan, startegi penetapan harga membutuhkan taksiran untuk memperkirakan pengaruh dalam tampilan keuangan perusahaan. Hal terpenting ialah keuntungan dan biaya dibutuhkan dalam pemilihan strategi penetapan strategi harga.
d. Pertimbangan Program Pemasaran (Marketing Program Considerations)
Harga mungkin menggantikan atas percobaan penjualan, periklanan dan promosi penjualan. Kemungkinan  lain ialah harga digunakan untuk memperkuat aktivitas promosi dalam program pemasaran. Peranan penetapan harga sering kali bergantung pada bagaimana komponen-komponen lain dalam program pemasaran digunakan.
4.    Strategi Penetapan harga  (Pricing Strategy)
Tahapan utama dalam memilih strategi penetapan harga untuk produk baru atau mempertahankan  produk yang telah ada ialah Menentukan penetapan harga objektif, untuk mencapai pengembangan strategi.Selanjutnya menganalisis situasi dalam penetapan harga, membawa ke dalam perhitungan permintaan, biaya, persaingan dan penetapan harga obyektif. Berdasarkan analisis situasi dan penetapan harga obyektif, strategi penetapan harga dipilih. Tahapan terakhir harga tertentu dan politik operasi ditentukanoleh pelaksanaan strategi

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management