Read more: Cara Membuat Tulisan Judul Blog Berjalan | HTC Community http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-tulisan-judul-blog.html#ixzz1kwQ2NxRo Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Monday, January 30, 2012

Pentingnya Harga dalam Pemasaran


Menurut tokoh bisnis India yaitu R.S.N. Villai dan Bagavathi (2002:145) menyatakan akan pentingnya  harga dalam pemasaran.
The price is a matter of vital importance to the buyer and the seller. Exchange of the good and service takes place only when when the prices are agreed upon by the seller and the buyer. Price decide the succsess or failure of a firm. Price are important economic regulator. By transfering to money economy from barter economy, the importance of price have been increased. Price is a primary source of revenue which, all firms try to maximaize by expanding markets. The marketing demand for a product or service to a large extent depens upon the price of the product. Price will affecting the competitive position and share on the markets. Pricing policy no doubt is a potential weapon, specially in a planned economy likes ours where it can be used insuch a way as to bring about a proper allocation of resources according to planned priorities.

            Pernyataan di atas mengemukakan bahwa Harga merupakan suatu bagian yang penting bagi pembeli dan penjual. Pertukaran barang dan jasa hanya akan terjadi jika penjual dan pembeli telah menyepakati harga. Keputusan harga akan menentukan keberhasilan atau kegagalan bagi perusahaan. Harga juga dirasa sangat penting dalam mengatur perekonomian.Kepentingan terhadap harga telah meningkat.Harga merupakan dasar terbentuknya keuntungan sehingga seluruh perusahaan berusaha memaksimalkannya dengan pengembangan pasar.Permintaan pasar sebagian besar dipengaruhi oleh harga. Harga akan memberikan posisi yang kompetitif  pada pasar. Dengan demikian kebijakan terhadap harga merupakan hal yang tidak diragukan lagi sebagai senjata secara khusus dalam sistem perekonomian negara seperti menyempurnakan sumber daya sesuai prioritas yang telah direncanakan sebelumnya.
            Begitu pentingnya penetapan harga, Bilson Simamora (2003:196) menyatakan bahwa pendekatan harga bisa dilakukan dua arah yaitu, pendekatan dari pihak produsen dimana harga tidak boleh lebih rendah dari biaya rata-rata per produk kalau perusahaan ingin memperoleh keuntungan.Selanjutnya pendekatan dari pihak konsumen dimana pada pendekatan ini harga akan membawa dampak ekonomis dan psikologis. Dampak ekonomisnya berkaitan dengan daya beli, sebab harga merupakan biaya (cost) bagi pembeli.Semakin tinggi harga, semakin sedikit produk yang bisa mereka beli.Sebaliknya, semakin rendah harga, semakin banyak produk yang bisa mereka beli.Sedangkan dampak psikologis dalam beberapa kondisi harga rendah menggambarkan kualitas yang rendah sedangkan harga tinggi menggambarkan kualitas yang tinggi.

3 comments:

borneoequipment said...

mantappp..ijin copas ya...:)

Soleh Ibra said...

sangat membantu, izin copas ya ... :)

Ajuan Tuhuteru said...

mantap..ijin copas ya...:)

boleh minta referency-nya admin?

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management