Read more: Cara Membuat Tulisan Judul Blog Berjalan | HTC Community http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-tulisan-judul-blog.html#ixzz1kwQ2NxRo Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Sunday, January 29, 2012

STRATEGI PENETAPAN HARGA NOKIA DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang Masalah
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Melalui komunikasi, seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain melalui berbagai macam cara dan media demi memperoleh pengetahuan, informasi, dan pengalaman. Selain itu, komunikasi diperlukan sebagai proses sosialisasi sehingga untuk dapat melancarkan proses komunikasi tersebut diperlukan adanya suatu alat sebagai media atau perantara.
Media komunikasi yang saat ini lazim digunakan oleh masyarakat umum adalah telepon seluler atau ponsel.Ponsel merupakan sebuah produk yang terus mengalami inovasi demi memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.Fitur yang canggih dan berbagai akses yang mutakhir adalah bentuk semakin berkembangnya inovasi ponsel. Melalui proses inovasi ini, konsumen akan dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan mengenai tipe ponsel seperti apa yang mereka inginkan. Apabila konsumen merasa produk tersebut berkualitas maka keputusannya adalah membeli.Perilaku seorang konsumen tidak dapat dipisahkan dari faktor sosial yang terdapat di sekitar konsumen tersebut. Dengan adanya proses interaksi yang cukup berkesinambungan antara keluarga, teman, tetangga,dan teman sejawat maka perilaku dari seorang konsumen akan sangat erat kaitannya dengan proses interaksi yang terjadi.
Pemikiran yang logis bukanlah sesuatu yang mutlak harus selalu digunakan oleh konsumen dalam memutuskan pembelian yang akan dilakukan. Bukan hanya nilai fungsi awal yang menjadi penyebab bagi konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu produk.Masih ada unsur nilai sosial dan keterlibatan emosional dari dalam diri konsumen. Oleh karena itu, tempat dimana seseorang tinggal dan melakukan aktivitas sehari-hari merupakan bagian penting yang mempengaruhi perilaku seorang konsumen, khususnya mengenai keputusan pembelian yang akan dilakukan.
Pembelian yang dilakukan oleh seorang konsumen selalu erat kaitannya dengan pengaruh harga.Harga merupakan sesuatu yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu produk, baik barang atau jasa.Berbagai jenis produk ponsel kini beredar di tengah-tengah masyarakat dengan tingkat harga yang bervariasi.Keanekaragaman harga menjadi salah satu faktor penentu bagi seorang konsumen dalam memutuskan untuk membeli suatu jenis ponsel tertentu.Dengan mengetahui harga dari suatu ponsel maka konsumen dapat memutuskan apakah manfaat ponsel tersebut sesuai dengan harga yang harus dibayar.
Berikut ini merupakan market share dari produk ponsel di dunia tahun 2011 yang disajikan dalam Tabel 1.1 di bawah ini
TABEL 1.1
Top five Mobile Phone Vendors, Shipment, and Marketing Share, Q2 2011
            Berdasarkan data tersebut dapet terlihat bahwa nokia masih menduki peringkat tertinggi dalam pangsa pasarnya yaitu 24,2 dibandingkan dengan merek ponsel lainnya. Akan tetapi mengalami penurunan yang cukup tinggi dari tahun 2010 yang mencapai 33,8%. Kondisi ini mengakibatkan penurunan jumlah pendapatan dari nokia dari tahun ke tahun.
            Nokia merupakan ponsel yang hampir digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia sebelum mengalami kemunduran. Merek yang sagat kuat seakan tidak akan tergoyahkan. Sementara hadirnya para pesaing yang menawarkan ponsel murah dengan fitur yang melimpah, ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat.
Hadirnya smartphone sepeti blackberry, iPhone, Samsung dan lain sebagainya membuat nokia semakin mengalami penurunan, terlihat dalam Laporan di akhir tahun 2010 yang lalu menyebutkan keuntungan Nokia turun 23%. Nokia juga melakukan pemutusan hubungan kerja sebanyak 7.000 orang.
Langkah peningkatan kembali brand Nokia ini sangat penting untuk dilakukan oleh Nokia. Hal ini karena Nokia sudah tertinggal dibandingkan vendor lain seperti HTC dan Samsung yang mengusung, baik Android maupun Windows Phone khususnya dalam pasar smartphone.  Meskipun dalam pasar feature phone, Nokia masih bisa memegang kendali, namun pasar smartphone diperlukan untuk kesuksesan jangka panjang dan kelangsungan hidup.

1.2 Identifikasi Masalah
Selera konsumen selalu berubah dalam menggunakan suatu produk.Perpindahan merek handphone adalah gejala yang umum terjadi dikalangan konsumen pada.Hadirnya smartphone sepeti blackberry, iPhone, Samsung dan lain sebagainya membuat nokia semakin mengalami penurunan, terlihat dalam Laporan di akhir tahun 2010 yang lalu menyebutkan keuntungan Nokia turun 23%. Oleh karena itu nokia perlu melakukan inovasi dan strategi baru dalam penetapan harga agar meraih minat konsumen kembali

1 comments:

Surya Kusuma said...

strategi yg digunakan Nokia dlm penetapan harga kyk gmn? mohon penjelasannya

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management