Read more: Cara Membuat Tulisan Judul Blog Berjalan | HTC Community http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-tulisan-judul-blog.html#ixzz1kwQ2NxRo Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Monday, January 30, 2012

Definisi Harga


2.1 Pengertian Harga
            Salah satu strategi dalam upaya peningkatan penjualan ialah dengan pendekatan harga. Namun sebelum membahas lebih mendalam tentang pendekatan harga, sebaiknya harus diketahui terlebih dahulu tentang defnisi harga. Menurut Basu Swastha  (2001:147) harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang beserta pelayanannya. Sedangkan pendapat Rymond Corey dalam Hermawan Kertajaya (2007:93) harga ialah estimasi penjual terhadap arti dari para pembeli potensial, serta menyadari opsi lain yang dimiliki pembeli atas pemenuhan kebutuhan dari produk yang bisa memuaskannya. Menurut Buchari Alma (2002:169) mendefinisikan harga sebagai nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang.
Menurut George. E. Cressman dikutip dari tulisan Kent B. Monroe (2006:5) menyatakan Price as the amount of money we must sacrifice to aqure something we desire. Price as a formal ratio indicating the quantities of money needed to acquire a given quantity of goods or service. Sementara itu, menurut R.S.N. Pillai dan Bagavathi (2002:144) menyatakan price may be defined as exchange of good and service in terms of money. Pernyataan tersebut didefinisikan  harga sebagai pertukaran barang atau jasa kedalam satuan uang.Definisi harga juga dapat diaplikasikan kedalam bentuk rumus sebagai bukti bahwa keberadaan harga dapat ditentukan dengan menggunakan perhitungan sebagai berikut.
P = PL ­ D ­ A - T

 
 


Sumber: Magic Numbers for Customers Marketing, John Davis (2006:279)

Keterangan: P = price             D = discount       T = tax
                    PL = pricelist       A = allowance
Pernyataan tersebut menyatakan bahwa harga  sebagai sejumlah nilai uang yang berdasarkan akumulasi dari biaya-biaya yang telah ditentukan sebelumnya yaitu price list (merupakan harga pokok produk), discount (sejumlah biaya yang diperuntukkan sebagai potongan harga), allowance (sejumlah biaya yang diperuntukan atas ketidaksesuaian atau kerusakan produk)dan tax (sejumlah biaya yang diperuntukan atas beban pajak). Harga sebagai petunjuk formal mengenai sejumlah uang (atau barang dan jasa) yang dibutuhkan  untuk mendapatkan pemberian sejumlah barang dan jasa. Tokoh asing lainya memandang harga dilihat dari sudut pandang konsumen, yaitu Kotler dan Amstrong (2008:1) “Harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atas jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut”.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management